Sunday, November 25, 2012

keep calm dude



Pernahkah terjadi pada kalian, dua tanggung jawab / pekerjaan / amanat datang kepada kalian dalam waktu yang berbarengan tanpa diduga-duga sebelumnya? jadi kalian diberi beban double sekaligus. mayoritas jawabannya pasti pernah. nah kalo ditanya pernahkah amanat tersebut datang empat macam sekaligus, dalam waktu yang berbarengan tanpa disengaja ataupun tanpa diinginkan?

gue pengen nge-share pengalaman yang baru beberapa hari yang lalu gue alamin. yaa 4 tanggung jawab yang diberikan kepada gue datang di waktu yang berbarengan.
jadi ceritanya gini, gue ehh, mending aku aja yakk biar terdengar lebih kaya curhat gimanaa gitu. jadi aku saat ini terlibat (*lebih baik dibaca : berkecimpung ) dalam kepengurusan UKM di kampus aku, Unit Seni Budaya Minang (USBM). yaak itu nama ukm gue tercinta. tempat berkumpul temen-temen dari satu asal, temen-temen seperantauan, temen-temen sepegalauan. bzzzzzzz..
tahun ajaran saat ini kebagian jatah angkatan aku yang menjadi subjek 'dominan' setiap segala aspek yang ada di dalam USBM, termasuk kepengurusan. otomatis aku ikut berkontribusi doong disini. divisi PDA ( Pemberdayaan Anggota, yaitu sebuah divisi yang dibentuk untuk memberdayakan anggota-anggota USBM lainnya, baik pengurus, anggota tetap, anggota aktif, anggota pasif, sampai-sampai ngurusin gimana keadaan anggota, udah makan apa belom, anggota lagi apa, trus udah pacar apa belom, pfffffttttt * beberapa kalimat yang berlebayan tadi ga termasuk ). jadi intinya gitu, memberdayakan anggota sehingga anggota-anggota lain merasa mereka tetap dalam naungan USBM.
naah, singkat kata divisi PDA ini kan ngerancang acara-acara nih, ada buanyaaaaaaak banget acara yang kami design ( kami = aku beserta 5 anggota tim dan 1 yang dituakan di tim ). dari awal kami dibentuk, udah diplot-plotin tuuh penanggung jawab tiap-tiap acara yang udah di rancang. sebagai contohnya Nobar USBM, Berbuka Bareng USBM, Zoom In Kampus IT Telkom, Silaw ( silaturahmi wisuda ) USBM, USBM FC, Piala USBM, dan ribuan acara lainnya yang ga mungkin aku tulis disini tentunya selain capek nulisnya juga karna lagi ga bisa ngarang bebas.
pada bulan november, di kampus aku ada acara pemutusan ikatan dengan kampus (re : wisuda). karna sesepuh-sesepuh usbm juga ada yang ikutan wisuda, otomatis acara SILAW mesti jalan tuuh bulan ini. kebetulan penanggung jawab buat silaw aku yang diamanatkan. sebenar-benarnya aku ngikutin silaw ini cuma beberapa kali, bisa dihitung 2 jari, yaa tepatnya 2 kali. mungkin ada beberapa kali pernah diadakan acara ini, dan pada saat itu aku berhalangan untuk hadir. dengan pengalaman minim, aku ditunjuk buat nge-handle silaw ini. dengan gagah perkasa tampang menjanjikan gue terima. yaa namanya juga amanat, mau ga mau mesti diterima dan dijalanin. dari kabar burung yang hinggap di atas pohon, katanya sih buat acara ini biasanya dibentuk suatu panitia khusus juga. jadi setelah bersitegang dengan anggota tim lainnya, acara fix kita-kita aja yang nge-handle, dikarenakan source udah banyak kepake buat acara-acara yang berlangsung tidak lama sebelum ini, seperti pelantikan anggota baru, piala usbm dan lain sebagainya.
disamping mem"PJ"i acara ini, aku juga mengurus acara Piala USBM yang baru pertama kali kami bikin dalam sejarah.
senja itu, asiiiiiikkkkk kalimat gue ... ganti deeh. suatu hari, bertepatan dengan tanggal 23 November 2012 disaat acara silaw bakal diadain malamnya, panitia yang udah gue bentuk buat piala usbm meminta untuk diadakannya rapat pleno yang dari awal terbentuk sampai sekarang, tidak pernah jadi-jadi. otomatis gue (bisa dianggap sebagai Steering Commitee) yang bertanggung jawab dalam acara ini mau gak mau mesti ikutan dalam rapatnya dan jadwal yang di tunjuk ama ketua panitianya sama percis dengan mulainya acara silaw yang awalnya gue handle dengan penuh percaya diri. hmmm, di pagi hari itu, gue dapet jarkoman dari komunitas tim kesayangan gue AS ROMA bahwasanya malemnya ada sparing futsal dengan fans club lain di kampus ini. just for your information and than you may trow it to the dumb, gue kiper inti (mungkin) di tim as roma ini. naah semua berharap buat gue dateng. bertambah lagi event yang mesti gue datengin di waktu yang sama. siang harinya, gue di sms ama beberapa sesepuh (re: niniak mamak) buat datang seleksi wawancara acara Alek Nagari USBM yang bakal diadain maret atau april tahun depan, yaa gue nyalonin diri menjadi panitia acara tersebut, dan (kebetulan) waktu wawancaranya jumat malem juga. tadaaaaaaaaaaa.... ada 4 event yang mesti dihadirin.
naaah disini niiih, otak jernih yang sedikit berlumut ini berguna. gue mikir. yang gue mikirin pertama itu gimana jadinya yaah kalo gue punya kantong ajaib doraemon, pasti gue bisa ngelipat gandain diri dan semua event ini bisa gue datengin. trus gue mikir, kenapa otak gue jadi mikirin hal-hal begituan yaah? *idiot. selanjutnya gue paksa otak gue buat mikir serius. dan dapet kesimpulan buat ngatasin persoalan yang muncul, "prioritas". yaa gue mesti ngedahuin prioritas yang paling urgent sampe prioritas yang bisa dikesampingkan. dari sana gue mutusin buat nge-cut acara futsalan bareng romanisti. tinggal 3 opsi yang mesti dipenuhin. gue mulai nyusun 3 ini sesuai dg prioritas kuantitas kualitas proporsionalitas yang ada. silaw yang pertama, karna gue sendiri yang mengomandoi nih acara buat jalan. tanpa mengesampingkan 2 lainnya, gue nasih kabar ke panitia piala usbm buat mulai rapat nya tanpa ada gue disisi, gue bakalan dateng saat acara ini udah jalan. naah buat wawancara panitia alek nagari gue ngabari lewat pesan text, bahwasanya gue ga bisa ikutan wawancara. beliau-beliau mengerti dan memberikan toleransi buat gue. siiip, sekarang tinggal 2.
acara silaw nya jalan, dan piala usbmnya di pending. ditengah2 acara silaw gue dipanggil oleh beberapa panitia, gue cuss keluar dan dapet berita duka yang sangat mendalam, pleno nya batal, dibatalin secara sepihak ama ketua panitia, jejejejeeeeeeeeng. semua panitia neken2 aku dibagian tertentu. ehh bukan deng, neken dalam artian lain deeh. yaaa, jadi akhirnya rapat pun ditunda sampai beberapa jam sebelum acara silaw berakhir. dan finally, semua event2 bisa ke-handle ama gue.

the point from this useless post is, yaa kalo misalnya kejadian, ada beberapa tanggung jawab yang mesti di jalanin di satu waktu, bisa diselesein dengan banyak cara, yaa salah satunya kaya yang gue lakuin. intinya kepala nya mesti dingin yaah ngadepinnya. goodluck *cheers

No comments:

Post a Comment