Sunday, February 19, 2012

MUSIK MENAMBAH KECERDASAN

Musik atau seni musik, masih banyak yang mengesampingkan, bahkan tak dipandang sama sekali. Banyak orang menganggap seni musik itu gak ada gunanya, bahkan mengganggu pelajaran anak-anaknya. Oleh sebab itu, banyak orangtua yang sama sekali tidak pernah mengajarkan pada anaknya. Parahnya lagi jika membeli alat musik, keyboard atau piano hanya sebagai pelengkap perabotan dan hiasan kemewahan semata.

Padahal yang sebenarnya, musik bisa menambah kecerdasan anak dan menjaga keseimbangan otak kanan kiri. Hal ini sangat bermanfaat untuk anak dalam menangkap pelajaran dan memahaminya.

Berdasarkan penelitian para ahli, kemampuan bermain musik yang dimiliki oleh seseorang, bisa meningkatkan kecerdasan sampai 7 poin. Jadi cukup mendukung prestasi pendidikan baik di sekolah sampai perguruan tinggi.

Saya juga sudah membuktikan sendiri, sejak tahun 2001 sampai sekarang, mengajar les privat musik jenis keyboard dan piano lebih dari 50 anak, terbukti tidak mengganggu pelajaran sekolah bahkan prestasi meningkat dengan nilai ujian yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Ada beberapa ibu yang saat saya dipanggil menanyakan apakah jika anaknya ikut les keyboard akan menjadi malas dan bodoh? Saya menjawab “TIDAK” dan menjelaskan dengan rinci tentang manfaat musik.

Pertama, membuat fungsi otak kanan dan kiri menjadi seimbang, yang semula hanya dipakai sebelah untuk berpikir terus menerus, otak sebelah kiri diabaikan. Dengan bermain dan belajar musik, maka otak kiri akan aktif dan berfungsi secara optimal sehingga membantu otak kanan dalam berpikir.

Kedua, dengan bermain musik akan mengendalikan emosi seseorang, yang tadinya stres banyak pikiran, bisa jadi tenang dan rileks. Yang tadinya pemarah gak sabaran, bisa jadi lebih sabar, jarang marah dan murah senyum.

Ketiga, mengurangi dan menyembuhkan penyakit, terutama yang berhubungan dengan syaraf. Temanku habis kecelakaan, tangan kanan sampai jari-jarinya sering gemetar sendiri. Setelah beberapa bulan saya ajari main keyboard, sudah berkurang dan jarang gemetar lagi.

Keempat, bermain musik bisa bikin wajah dan tubuh kelihatan awet muda. Karena dengan bermain musik, kita jadi rileks menyebabkan urat syaraf kita jadi kendor dan tidak tegang. Itulah yang membuat kita kelihatan selalu segar dan bugar, yang mengakibatkan terlihat awet muda. Buktinya saya sendiri yang umurya menginjak 42 tahun, tapi kalau ketemu orang dan ngobrol ditanya umur, kebanyakan mengira umur saya 35 tahun. Jadi kelihatan 7 tahun lebih muda.

Kelima, yang paling utama dalam bermain musik adalah menghibur, baik untuk orang lain maupun diri sendiri. Setidaknya bisa mengurangi stres dan ketegangan otot syaraf dan otak. Menjadikan kita murah senyum dan mengendalikan emosi diri.

Jadi kesimpulannya bahwa bermain musik, khususnya keyboard dan piano akan menambah kecerdasan dan mengendalikan emosi diri.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment